Jalur kelistrikan Honda Grand/Supra/Supra fit

 STAR ID-Selamat datang para bro semua, dari mbak bro dan mas bro.. lama gua ngga nyapa kalian semua he.... buat para pelanggan tetap, gua ucapin terima kasih masih tetep keep riding no arogan. Dan buat pelanggan baru, hormati pejalan kaki ya bro... kali ini yang mau diomongin tentang kelistrikan motor dari pabrikan sayap mengepak yaitu Honda Gand, Supra 100, Astrea Prima, Legenda, Supra Fit dan Revo 100. Et... dah... mantep bingit kan bro di borong semua he.... he...


Sebelum kita ngomong lebih dalam tentang kelistrikan motor – motor tersebut, gua mau minta tolong. Dari pada nyebar berita hoak yang ngga ada habisnya dan tidak bermanfaat bagi diri sendiri dan orang lain, mending sebar artikel – artikel dari blog yang keren ini he..... he.... Motor Grand dan temen – temennya memang sangatlah bandel untuk dipakai sehari – hari, mau buat bawa galon, dagang somay atau untuk ngojek dan sampai buat jalan – jalan sore he.... he... Lho kok gitu ?
spul motor



Emang iya bro, karena saking banyaknya spesies motor – motor ini dan umurnya yang sudah lumanyan ABG sekitaran 20 tahun he.... he.... Tapi para pemakainya cukup bervariatif mulai dari orang tua, kakek – kakek, tante dan para anak muda yang terkena virus retro clasik. Karena sudah cukup motor – motor tersebut sudah mengalami banyak perubahan dari jalur kabel, nah untuk itu gua kasih sedikit bocoran kelistrikan motor Honda Grand, Honda Supra 100 dan Honda Revo 100.
   

Sistem Kelistrikan Honda Grand, Honda Supra 100 dan Honda Revo 100

Kelistrikan motor Honda Grand, Honda Supra 100 dan Revo 100 menganut kelistrikan AC (alternative current) atau mengandalkan spul bukan accu / aki. Dari sistem pengapian dan sistem penerangannya semuanya mengandalkan spul magnet dan perputaran mesin, jadi semakin cepat perputaran mesin semakin terang juga sinar lampu utama yang dihasilkan. Sementara sumber pengapian (percikan api dari busi) juga mengandalkan spul pengapian, sehingga jika tidak memakai accu atau jika accu ngedrop motor tetap bisa dihidupkan. Biar ngga kelamaan ngalor ngidul jadi langsung saja check it dot bro...

Skema CDI Honda Grand, Honda Supra 100 dan Honda Revo 100

Kabel Warna Hitam Strip Putih
Kabel warna hitam strip putih ini berasal dari kunci kontak yang langsung masuk ke CDI atau ottak pengapian dari sepeda motor tersebut.

Kabel Warna Hitam Strip Merah
Sedangkan kabel berwarna Hitam strip Merah berasal dari spul pengapian yang menuju CDI (input CDI).

Kabel Hitam Strip Kuning
Nah untuk output CDI kabel ini berwarna Hitam Strip Kuning, biasa dikatakan kabel yang menuju koil pengapian dan akhirnya masuk ke busi.

Kabel Warna Biru Strip Putih
Kabel Biru strip Putih berasal dari Pulser, kalau ngga tahu dimana posisi pulser gua kasih bocorannya he... Pulser biasanya satu paket dengan spul motor, jadi pulser akan berdekatan dengan magnet. Nah biar lebih jelasnya gua kasih artikel terkait ya bro....

Artikel terkait bro,





Kabel Warna Hijau
Kabel warna hijau pada sepeda motor Honda identik dengan kabel masa (-) dan ini ngga perlu dijelasin lagi he...

Kabel Spul Honda Grand, Honda Supra 100 dan Honda Revo 100

Kabel spul Honda Grand, Honda Supra 100 dan Honda Revo 100 mempunyai beberapa warna yang berbeda dan berbeda pula fungsinya. Untuk lebih jelasnya langsung saja check it dot ya bro...

Kabel Warna Putih
Berfungsi sebagai spul pengisian secara gampangnya untuk mengisi arus listrik ke Accu / aki, agar tegangan battrey atau accu tetap stabil saat dipakai untuk sistem beban. Kabel warna putih ini akan masuk terlebih dahulu ke kiprok / rectifier yang kemudian akan dibatasi tegangannya menjadi 14,50 sebelum masuk ke accu.

Kabel Warna Kuning
Berfungsi sebagai spul penerangan atau untuk suplay arus listrik ke lampu utama yang melewati kiprok terlebih dahulu, setelah masuk kedalam kiprok kabel warna kuning tersebut akan masuk ke saklar On / Off. Nah kiprok ini berguna untuk merubah arus AC dari spul menjadi arus DC ke lampu utama, disistem penerangan ini motor Honda Grand, Honda Supra 100 dan Honda Revo 100 juga menganut sistem penerangan AC.

Kabel Warna Biru Strip Kuning
Kabel ini berfungsi sebagai pulser motor dari Honda Grand, Honda Supra 100 dan Honda Revo 100, pada artikel sebelumnya gua pernah ngomongin tentang pulser motor dari ciri kerusakannya, cara mengukurnya dan fungsinya. Untuk lebih jelas check aja ya bro ... di artikel dibawah ini...

Kabel Warna Hitam Strip Merah
Kabel spul ini berfungsi sebagai spul pengapian atau sumber pengapian yang dikeluarkan oleh busi, jika spul ini lemah atau rusak maka sepeda motor tidak akan mengeluarkan api dari busi. Untuk motor – motor jenis ini mempunyai tahanan spul pengapian berkisar 500 – 600 ohm, jika lebih dari nilai tersebut maka dipastikan adanya kerusakan pada lilitan spul tersebut.

Soket Kiprok Honda Grand, Honda Supra 100 dan Honda Revo 100

Secara tampilan antara Kiprok Honda Grand, Honda Supra 100 dan Honda Revo 100 dengan kiprok Honda Beat Karbu, Vario 110 Karbu, Honda Revo 110 Karbu dan Honda Blade 110 hampir sama. Tapi perlu diingat ya bro kiprok Honda Grand sama temen - temennya dan kiprok Honda Beat sama sohib – sohibnya serupa tapi tak sama. Jika dipasang memang bisa tapi akan menimbulkan masalah baru yaitu kabel body yang terbakar atau konsleting dan masih banyak lagi, hal ini disebabkan karena berbedanya jalur soketan dan komponen kiprok tersebut. Maka dari itu bro jika mau pasang kiprok baru cermati dengan baik kiprok tersebut.



kiprok motor



Kabel Warna Hijau
Seperti pada umumnya motor Honda, setiap kabel yang berwarna Hijau adalah masa alias ground atau negative (-), jadi kabel ini tidak mengalirkan arus listrik. Jika kabel tersebut mengalirkan arus listrik maka kemungkinan besar terjadi konsleting atau korsleting listrik. Kabel ini akan tersambung dengan sasis atau kerangka sepeda motor, itu sebabnya para biker kadang menyebutnya kabel ground.

Kabel Warna Merah
Kabel ini berasal dari kabel kecil positif accu langsung yang biasanya melewati Fuse / sekring (10 ampere) terlebih dahulu, sebelum masuk ke kiprok. Fungsi kabel tersebut untuk mengalirkan arus listrik pengisian yang berasal dari spul pengisian dan kemudian dirubah tegangannya dan disalurkan oleh kiprok ke accu / battrey.

Kabel Warna Putih
Kabel ini berfungsi sebagai  penyalur arus pengisian dari spul pengisian langsung masuk ke kiprok, arus pengisian dari sepeda motor akan dibatasi oleh kiprok sekitar 14,5 volt. Jika lebih dari dari 14,5 volt maka bisa dikatakan overcharging / pengisian berlebih dan jika dipaksakan maka accu akan mledak dan semua lampu juga akan mledak atau pecah. Apalagi jika sepeda motor digeber dalam kecepatan tinggi maka arus listrik yang masuk bakalan lebih tinggi ke sistem pengisian dan penerangan.

Kabel Warna Kuning
Kabel ini berasal dari spul penerangan yang menuju lampu utama tapi akan terlebih dahulu melewati kiprok dan langsung menuju saklar lampu On / Off. Saat lampu keadaan menyala tegangan listrik yang masuk ke bohlam lampu berkisar 12 volt sampai 14 volt, tapi jika tegangan yang masuk ke lampu utama berkisar 17 volt maka bisa dipastikan adanya kebocoran kiprok.


Demikian sedikit penjelasan tentang kelistrikan motor Honda Grand, Supra 100 dan Supra fit,karena pembukaan sudah pada keep riding no arogan. Jadi penutupnya jangan lupa share ya bro... he... dan tetap salam stu aspal.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tips Jalur pengapian Motor Megapro

Tips ganti kampas kopling/kain klos Satria FU sendiri

Tips Upgrade performa Satria FU