Tips bongkar head and silinder Megapro

STAR ID


Assalammualaikum wr.wb

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan

Setalah beberapa tahap pembongkaran mesin megapro kita lakukan, mulai dari mencopot bagian2 yang menempel di mesin, membongkar bak kopling, membongkar bak magnet sampai menurunkan mesin, maka sampailah kita pada tahap pembongkaran head/kepala dan silinder beserta isinya. Langkah2 pembongkaran head adalah sebagai berikut

A. Melepas tensioner/penegang rantai mesin/kamprat. Pada langkah ini kita bisa memeriksa kemampuan pegas tensioner, apakah mampu mendorong stud-nya dengan baik atau sudah melemah.

30 copot tensioner

B. Melepas 4 baut pengikat tutup head dan 4 mur tusuk sate. Hati2 pada 4 mur tusuk sate terdapat ring tembaga yang berfunsi sebagai sil agar oli mesin tidak rembes ke luar. Kemudian dilanjutkan dengan mencopot tutup/cover head, di tutup head tersebut terdapat rocker arm, dan bisa diperiksa apakah sudah mengalami aus yang berlebihan atau masih dalam batas toleransi.

head mp4

C. Karena tensioner sebelumnya sudah di lepas, maka kamprat sekarang jadi kendor, dan noken-as bisa dicopot. Pada langkah ini nokenas bisa diganti dengan versi racing, jika diperlukan. Carannya dengan menjepit bubungan dengan menggunakan catok/ragum, kemudian 2 baut pengikat girnya di lepas. Pada langkah ini juga, dilengkapi dengan langkah membongkar bak magnet, kita bisa mengganti rantai mesin/kamprat.

31 isi head

D. Melepas baut pengikat head dengan silinder, setelah itu head bisa langsung dicopot. Setelah head dicopot kita dapat memeriksa kondisi klep dan kubah ruang bakar. Jika ingin memeriksa apakah klep bocor apa tidak, tinggal memberi bensin (busi tetap terpasang) kemudian dari port in atau ex di semprot udara dari kompresor, jika keluar gelembung2 udara berarti klep bocor, dan sudah waktunya di-skur ulang.

head mp3

Jika ingin melepas klep ada alat khusus untuk melepas kuku2 penguncinya. Jika tidak ada bisa menggunakan kunci sok (bentuk Y) ukuran 14 yang ditekan ke retainer-nya sementara payung klepnya diganjal dengan menggunakan baut yang terbungkus kain.

https://i0.wp.com/ff3d8e6495061f28a832-a7869bbdcfcea96a643a5d6aa79482f7.ssl.cf1.rackcdn.com/enlarged/08-0247.jpg?w=1140&ssl=1

Kalau sudah lepas kuku2 penguncinya, klep bisa dicopot. Hati2 jika kepala klep sudah “peyang” akibat terhantam rocker-arm, maka harus dikikir sedikit, agar tidak menciderai bos-klep nya.

Untuk reparasi klep bisa panjang ceritanya, kita lajutkan saja ke pembongkaran silinder, langkah2nya adalah

bore cylinder

A. Tarik ke atas sampai copot silinder perlahan2, jika sulit karena silnya kelet, sedikit dicongkel dengan menggunakan obeng minus yang besar. Perhatikan dinding silinder, jika nggentong, atau terdapat baret yang dalam, maka sekalian saja dilakukan oversize.

35 copot silinder1

B. Copor kawat cir-clip pengganjal pin piston dengan menggunakan tang lancip.

36 copot klip pin piston

C. Kemudian pin/pen piston didorong keluar dengan jari dari arah yang lain. Jika sulit, berarti alur cir-clip sudah melebar/lower sehingga memperkecil diameter lubang pin piston. Paksa saja dengan cara mengganjal bagian lubang tempat keluarnya dan mendorong di lubang yang lain dengan menggunakan kunci sok 10 atau 12, dibantu ketukan lembut palu kecil. Dan langkah ini juga dilakukan saat kita ingin mengganti piston, ring-piston atau oversize.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tips Jalur pengapian Motor Megapro

Tips ganti kampas kopling/kain klos Satria FU sendiri

Tips Upgrade performa Satria FU